RSS

Penyelenggara Jaminan Sosial

30 Agu

Pertumbuhan industri asuransi jiwa dalam satu dasawarsa terakhir tidak terlepas dari peran Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia. Fungsi dan peran asosiasi diharapkan terus meningkat di tengah pengawasan melekat berbasis risiko yang tengah dikembangkan Otoritas Jasa Keuangan.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) didirikan sebagai sebuah wadah dan penampungan serta penyalur aspirasi perusahaan asuransi jiwa dan reasuransi di Indonesia. Asosiasi itu mulai berdiri sejak tahun 2002. Saat ini AAJI beranggotakan 47 perusahaan asuransi jiwa di Indonesia serta 4 perusahaan reasuransi.

Ketua Umum AAJI Hendrisman Rahim menyatakan, AAJI memiliki visi untuk menyatukan arah dan tujuan usaha asuransi jiwa dalam rangka pemberian perlindungan kepada masyarakat, khususnya pemegang polis tertanggung. Ini sekaligus merupakan perwujudan peran serta industri asuransi jiwa dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di awal tahun ini, misalnya, AAJI memperkenalkan buku saku Standar Praktik dan Kode Etik (SPKE) bagi tenaga pemasar asuransi jiwa atau agen baru. Hal ini merupakan penyempurnaan dari yang sudah ada sebelumnya, juga piagam Standar Praktik dan Kode Etik Perusahaan Asuransi Jiwa yang telah ditandatangani oleh seluruh perusahaan asuransi jiwa anggota AAJI, serta sosialisasi penurunan biaya ujian sertifikasi tenaga pemasar asuransi jiwa.

”Melalui SPKE dan penurunan biaya ujian sertifikasi, kami ingin mendorong seluruh anggota untuk terus melatih dan mengembangkan tenaga-tenaga pemasar yang berkualitas, kompeten, serta memiliki profesionalisme dalam memberikan pemahaman kepada publik mengenai produk-produk asuransi jiwa,” kata Kepala Departemen Kode Etik dan Best Practice AAJI Adi Purnomo.

Secara langsung tidak langsung AAJI juga ikut memantau jalannya industri asuransi jiwa secara nasional. Baru-baru ini AAJI kembali mengimbau anggotanya yang sulit memenuhi ketentuan modal minimum atau masuk pengawasan khusus Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera meleburkan diri alias merger. Asosiasi juga meminta anggotanya itu mencari investor strategis.

Hingga Juni sepanjang tahun ini, OJK telah mencabut izin usaha PT Asuransi Jiwa Nusantara (AJN) dan PT Asuransi Bumi Asih Jaya (BAJ Life). Kedua perusahaan itu sebelumnya masuk ke dalam kategori pembekuan kegiatan usaha (PKU). Terkait hal ini, AAJI menekankan pentingnya perusahaan asuransi untuk menyelesaikan kewajiban kepada pemegang polis.

Soal pengawasan, OJK tidak mau main-main. Organisasi yang baru resmi berdiri tahun lalu itu belajar banyak dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Krisis keuangan yang dimulai awal tahun 2007, misalnya, telah memperlihatkan betapa besarnya peran grup keuangan (financial group) termasuk di dalamnya konglomerasi keuangan dalam memengaruhi stabilitas perekonomian, baik global maupun nasional.

Dengan kegiatan usahanya yang luas dan mencakup berbagai entitas usaha yang tersebar di berbagai sektor industri, OJK menyatakan konglomerasi keuangan memberi tantangan tersendiri bagi pelaksanaan fungsi pengawasan. Krisis tersebut juga menjadi pelajaran berharga bahwa standar pengawasan terhadap industri jasa keuangan yang dimiliki saat itu belum sepenuhnya menjangkau seluruh aktivitas industri jasa keuangan dan dampaknya terhadap stabilitas sistem keuangan keseluruhan.

OJK telah merencanakan untuk memperkuat sistem pengawasan berbasis risiko yang terintegrasi bagi sektor industri keuangan non-bank (IKNB), yaitu industri perasuransian, dana pensiun dan pembiayaan. Menurut Dewan Komisioner IKNB OJK Firdaus Djaelani, sistem pengawasan berbasis risiko secara praktiknya telah diterapkan sebelum OJK berdiri untuk industri perasuransian dan dana pensiun. Namun, sistem pengawasan tersebut masih diterapkan secara terpisah-pisah untuk setiap IKNB.

Di industri perasuransian, misalnya, terdapat penerapan metode early warning system (EWS), yang digunakan untuk mengukur kinerja dan tingkat kesehatan keuangan serta menganalisis profil risiko suatu perusahaan asuransi.

Sementara di industri dana pensiun telah diterapkan metode Sistem Pemeringkatan Risiko (SPERIS) dan Sistem Pengawasan Berbasis Risiko (SANBERRIS) sejak tahun 2008, yang bertujuan untuk menilai tingkat kesehatan Dana Pensiun dan sebagai dasar untuk menentukan intensitas pengawasan.

”Dalam rangka penerapan sistem pengawasan berbasis risiko yang terintegrasi, pada triwulan pertama tahun 2013 telah mulai disusun kerangka siklus pengawasan berbasis risiko yang terintegrasi bagi IKNB,” kata Firdaus.

Siklus pengawasan berbasis risiko tersebut dimulai dengan penentuan rencana tindak pengawasan. Rencana tindak pengawasan tersebut berisi langkah-langkah pengawasan yang akan diterapkan terhadap IKNB dalam rangka menurunkan tingkat risikonya. Status pengawasannya dikelompokkan menjadi Normal (N), Pengawasan Intensif (PI), Penyehatan (P), dan Restrukturisasi (R).

“Status pengawasan IKNB ditetapkan berdasarkan tingkat risiko dan dampak dari setiap IKNB. Tingkat risiko ditentukan dari Sistem Pemeringkatan Risiko dan dampak ditentukan berdasarkan besaran nilai aset setiap IKNB,” kata Firdaus.

Perkembangan ekonomi nasional memberi ruang pengembangan aneka industri, termasuk industri asuransi jiwa. Membesarnya peran perusahaan asuransi jiwa global ke industri asuransi jiwa di Indonesia di sisi lain menyimpan risiko di bidang jasa keuangan. Peran AAJI dan OJK sesuai otoritasnya masing-masing diharapkan maksimal untuk melindungi masyarakat secara luas. (BENNY D KOESTANTO)

– See more at: http://www.jamsosindonesia.com/newsgroup/selengkapnya/asosiasi-dan-pengawasan-melekat-ojk_6414#sthash.QrpY7ulZ.dpuf

 

 
 

Tag: , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
MISTERI AL-HADITS DAN AL-QUR'AN

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

PTC KLIK AJA DEH DOT COM

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

kesbitera

A fine WordPress.com site

Lukis Blog

to write my story

mahatmaazmi's Blog

laporan 1 dan 2

KecretRaKatokan & Motor Roda-Tiga

Tentang Opini dan Imajinasi dari Biker Penyandang Cacat yang ingin cerita tentang Motor dan nglayap dengan motor aneh beroda-tiga....

Irsan Syarifuddin's Blog

dunia farmasi, jalan-jalan & kerja

Blog Saya

A topnotch WordPress.com site

Jendela Pendidikan

mendidik dengan kasih sayang

Beradadisini

Be. Here. Now.

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

Status Kang Yudhie

Bukan Status Biasa ßƦOº°˚˚°º☺ºº°˚˚°◦.¸¸.

Mufdil's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Ilham saputra

محاولة الكتابة و التبادل Trying to write and share

tokoempatsaudara

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

seven word rainbow

Ketika Sebuat Coding Menjadi Harapan Untuk Hidup

Agasi GP Blog

Blog Pribadi

KPLI Nusa Tenggara Barat

Blog Kelompok Pengguna Linux Indonesia Wilayah NTB

bangSAT was here...!

[satrio dan dunianya]

Tiyo imagoDEI

Photo Design Print

.:Kartikoedhi's Blog:.

Berbagi Pengalaman dan Pelajaran

Toko PALUGADA

Apa lu Mau, Gua ada!

My World

Pernak-pernik Kehidupan

Novi Gustavia Farmana

Man Jadda Wa Jada

Ohblog!

Ohna2s ngeblog di Wordpress

My Blog | My Experience

My Blog Is My Experience | My Experience Is The Best Teacher

jodiyana

blog official jodi yana

Sekedar Tulisan

Semoga Bermanfaat!

LPI Mambaul Ulum Sumber Lompang

Menjaga Tradisi Lama yang Baik, Mengadopsi Tradisi Modern yang Lebih Baik

Pandalon

Learning by doing

Keep it simple

Try and Error

s4blonk4os

Jasa Pembuatan Sablon Kaos & Website

Legal Banking

Learning about Indonesian Legal Banking

studi komparatif, komperhenship, kreatif, outodidak

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

inijalanku.wordpress.com

Baik Kawan Menunjuk Jalan

Kumpartas

- KUMPulan ARTikel copAS -

SANDALNYA si SANGKURIANG

Sandal Murah Kualitas TOP

amoyraven

La Tahzan Innallaha Ma'ana

dinicreation

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

realizimamsyafii029

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

ukmifabiopeduli

We Cares With Academic The United Of Islamic Student Actifity The Center Of DATA UKHUWAH : Dakwah, Tarbiyah, Ukhuwah dan Ibadah.

Muhammad Tanthowi

ilmu tidak akan berkurang saat kita sampaikan

Rois

Menapaki hidup yang dinamis dengan langkah optimis

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Qcuters's Blog

Just another WordPress.com weblog

catatanimansupriyono

Just another WordPress.com site