RSS
Obrolan

MA. PERSIS 2 BANGIL BELAJAR FOTOGRAFI

09 Jul

Semangat sampai akhir. Begitulah diklat jurnalistik di MA Persis 2 Bangil yang menjadi peserta awal program Jurnalistik Goes to Pesantren gelaran Radar Bromo. Sejak diklat hari pertama pada Rabu (24/3) lalu sampai hari terakhir kemarin (26/3), para murid MA Persis 2 tetap bersemangat mengikuti materi.

Di hari terakhir kemarin suasana diklat sangat cair. Materi yang disajikan mengasyikkan, yakni fotografi jurnalistik. Peserta tidak hanya diberi teori, tapi diajak praktik langsung memotret dengan arahan fotografer Radar Bromo Zainal Arifin.

“Seorang fotografer yang baik terlebih dulu harus mengenali tipe kameranya. Kemudian ikuti petunjuk dan fungsinya,” ujar Arif, sapaan Zainal Arifin, kemarin.

Suara peserta MA Persis 2 kian bergemuruh ketika Arif mengeluarkan senjatanya, kamera digital Canon 30D. “Wuih, gede banget,” seloroh peserta.

Arif kemudian memadukan kamera dengan dua lensanya. Satu lensa zoom dengan tipe 70200. Dan lensa lebar 1785 seri EF. “Kalau mau hasil yang sempurna dengan ambil obyek jauh untuk didekatkan, biasanya pake lensa zoom,” tegasnya.

Cekrek..cekrek! Arif mencoba untuk membidik obyek peserta. Dua buah gambar sudah diambil dari sudut jarak dekat. “Nanti hasilnya dan bagaimana mengolah foto kedalam laptop, akan saya jelaskan,” tegasnya.

Saat jepretan kamera itu berbunyi, di antara peserta ada yang sampai berdiri, kemudian mendekati Arif. “Mas, coba lihat hasilnya di kamera,” pinta Nabila, salah satu peserta.

Untuk sekadar melihat hasil dalam kamera, sang pemateri sih oke saja. Tapi, karena materi masih belum banyak yang disampaikan, Arif meminta mereka untuk fokus sejenak.

Materi kemudian dilanjutkan dengan pengenalan shutter speed (kecepatan menembak), up-cure (diafragma), ASA (ukuran tertentu) dan angle (sudut pandang). Setelah cukup bekal, para peserta yang sudah dikelompokkan diajak untuk mencari obyek tertentu. “Nah, coba kalian bidik atas gedung itu,” pinta Arif pada salah satu peserta untuk menembakkan kamera yang dimaksud. “Lho, kok bisa langitnya jadi putih, Mas,” gumam peserta usai melihat hasilnya di kamera.

Beberapa kendala masih dihadapi peserta. Termasuk, bagaimana mendapatkan obyek yang benar-benar ekspresif dan sesuai kaidah foto jurnalistik. “Kalau untuk langit putih ini sebenarnya tidak boleh. Kalau normal, langit pasti warna biru. Ini karena tidak diatur dari sisi diafragma maupun ASA-nya. Mungkin terlalu besar,” imbuhnya.

Para peserta tidak saja minta diajarkan hal elementer. Mereka juga minta teknik framing (bingkai) maupun summing (fokus obyek yang dituju, diblurkan background-nya). “Mas, ini sangat mengasyikkan. Tolong, nanti kalau kami ada kesulitan, bisa dibimbing lagi ya,” pinta Nana, peserta lainnya.

Di akhir materi, Arif menunjukkan beberapa karya foto jurnalistik. Termasuk, bagaimana kiprahnya dalam mengikkuti lomba di luar tugas keredaksian. “Ini foto singa lagi mandi. Foto ini punya keistimewaan. Karena menurut juri, jarang sekali Singa bisa terlihat mandi. Makanya, waktu Klinik Fotografi 2009 di Taman Safari, saya bisa dapat juara kedua,” kata Arif lalu langsung disahuti dengan tepuk tangan para peserta. (jawapos.com)

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Juli 2013 in STUDI BANGIL

 

Tag: , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
MISTERI AL-HADITS DAN AL-QUR'AN

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

PTC KLIK AJA DEH DOT COM

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

kesbitera

A fine WordPress.com site

Lukis Blog

to write my story

mahatmaazmi's Blog

laporan 1 dan 2

KecretRaKatokan & Motor Roda-Tiga

Tentang Opini dan Imajinasi dari Biker Penyandang Cacat yang ingin cerita tentang Motor dan nglayap dengan motor aneh beroda-tiga....

Irsan Syarifuddin's Blog

dunia farmasi, jalan-jalan & kerja

Blog Saya

A topnotch WordPress.com site

Jendela Pendidikan

mendidik dengan kasih sayang

Beradadisini

Be. Here. Now.

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

Status Kang Yudhie

Bukan Status Biasa ßƦOº°˚˚°º☺ºº°˚˚°◦.¸¸.

Mufdil's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Ilham saputra

محاولة الكتابة و التبادل Trying to write and share

tokoempatsaudara

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

seven word rainbow

Ketika Sebuat Coding Menjadi Harapan Untuk Hidup

Agasi GP Blog

Blog Pribadi

KPLI Nusa Tenggara Barat

Blog Kelompok Pengguna Linux Indonesia Wilayah NTB

bangSAT was here...!

[satrio dan dunianya]

Tiyo imagoDEI

Photo Design Print

.:Kartikoedhi's Blog:.

Berbagi Pengalaman dan Pelajaran

Toko PALUGADA

Apa lu Mau, Gua ada!

My World

Pernak-pernik Kehidupan

Novi Gustavia Farmana

Man Jadda Wa Jada

Ohblog!

Ohna2s ngeblog di Wordpress

My Blog | My Experience

My Blog Is My Experience | My Experience Is The Best Teacher

jodiyana

blog official jodi yana

Sekedar Tulisan

Semoga Bermanfaat!

LPI Mambaul Ulum Sumber Lompang

Menjaga Tradisi Lama yang Baik, Mengadopsi Tradisi Modern yang Lebih Baik

Pandalon

Learning by doing

Keep it simple

Try and Error

s4blonk4os

Jasa Pembuatan Sablon Kaos & Website

Legal Banking

Learning about Indonesian Legal Banking

studi komparatif, komperhenship, kreatif, outodidak

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

inijalanku.wordpress.com

Baik Kawan Menunjuk Jalan

Kumpartas

- KUMPulan ARTikel copAS -

SANDALNYA si SANGKURIANG

Sandal Murah Kualitas TOP

amoyraven

La Tahzan Innallaha Ma'ana

dinicreation

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

realizimamsyafii029

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

ukmifabiopeduli

We Cares With Academic The United Of Islamic Student Actifity The Center Of DATA UKHUWAH : Dakwah, Tarbiyah, Ukhuwah dan Ibadah.

Muhammad Tanthowi

ilmu tidak akan berkurang saat kita sampaikan

Rois

Menapaki hidup yang dinamis dengan langkah optimis

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Qcuters's Blog

Just another WordPress.com weblog

catatanimansupriyono

Just another WordPress.com site