RSS

FENOMENA WHITE COFFEE

06 Apr

Benarkah White Koffie Luwak Mengandung Lemak Babi? Karena itu, sebaiknya dicek laboratorium dan pasti ini sudah di lakukan Direktorat BPOM Jakarta di dengan analisa kandungan kimianya.  Ini  katanya ada isue bahwa dari daftar koding e E-CODES, bahwa produk White Koffie Luwak  dengan kode-kode di bawah ini mengadung lemak babi apa, oks kita bahas saja :

E100, E110, E120, E-140, E141, E153, E210, E213, E214, E216, E234, E252,E270, E280, E325, E326, E327, E337, E422, E430, E431, E432,E433, E434, E435, E436, E440, E470, E471, E472, E473, E474, E475,E476, E477, E478, E481, E482,E483, E491, E492, E493, E494, E495, E542, E570, E572, E631, E635, E904.

E471 merupakan bahan pengemulsi, dimana fungsinya adalah sebagai aditif pada makanan, selain itu juga berfungsi untuk memudahkan proses pencampuran bahan antara minyak dan air. Bahan ini biasanya digunakan pada makanan yang mengandung lemak dan air, seperti es krim, kek, coklat dll, (itulah sebabnya susu pada es krim bisa tercampur, padahal secara proses, susu dan air itu tak dapat dicampur).

Kembali ke pokok bahasan.
Emulsifier E471 sendiri dibuat dengan 2 bahan, yaitu tumbuhan dan hewan, untuk yang dibuat dari tumbuhan, Insya Alloh pasti halal, tapi untuk emulsifier E471 yang dibuat dari hewan , maka itu tergantung pada hewan yang digunakan dan bagaimana cara menyembelihnya.
Hal ini sesuai dengan undang-undang halal haram yang dikeluarkan oleh pemerintah Saudi terhadap bahan Emulsi ini, yaitu Mushbooh, Halal if it is from plant fat, Haraam if it is from pork fat, alias halal jika dari lemak tanaman, dan haram jika dari lemak babi.
Dan dari sumber MUI, disebutkan bahwa Luwak White Coffie memang sudah mengantongi izin kehalal’an. Jadi Insya bisa dipastikan bahwa Luwak White Coffie itu halal. Lagian kalo di logika, nggak mungkin kan produk luwak white coffie yang iklannya setiap hari muncul di TV bisa lolos dari status Halal-haram MUI. Apalagi dulu MUI pernah kecolongan sama salah satu produk penyedap (anda pasti tahu), jadi jelas MUI sekarang pasti lebih selektif dalam memberikan label Halal
Besar kemungkinan isu itu peggunaan lemak babi pada Luwak White Coffie itu berhembus karena adanya persaingan tidak sehat antar produsen. Kasus seperti ini juga dulu pernah terjadi sebelumnya dan menimpa Produk es krim Magnum. Atau mungkin karena kemasannya masih ada tulisan china memang sebaiknya ditulis kemasan ditulis dalam bahasa Indonesia, meskipun investornya dari negeri china karena kopi tersebut diperjualbelikan di Indonesia.
Kalo saya sendiri sih ga percaya. kalo mengandung babi, masa bisa lolos BP pom?  Lalu lihat produk-produk lain seperti Kopiko juga membuat white coffe,
Luwak itu sejenis musang, kenapa sekarang gosipnya ke lemak babi ? apa karna antara musang and babi sama-sama ada monyongnya jadi digosipin gitu? atau kali karena banyak peminum kopi yang beralih ke White Koffie Luwak seperti saya.
BANTAHAN :

Sebenarnya E471 adalah kode umum untuk pengemulsi (emulsifier) yang merupakan turunan asam lemak, dan asam lemak ini tidak selalu berasal dari lemak babi, karena banyak juga pengemulsi yang berasal dari kedelai, silahkan cek daftarnya disini. Di situs tersebut kode dengan list hijau sudah bisa dipastikan halal, dan yang merah dipastikan haram, sedangkan kode dengan tanda tanya belum dapat dipastikan halal haramnya.

Kandungan bahan haram (senyawa turunan babi) pada emulsifier atau stabilizer bisa dicek menggunakan berbagai perangkat analisis kimia seperti: Polymerase Chain Reaction (PCR), Gas Chromatography – Mass Spectrum (GC MS), atau Fourier Transform Infra Red (FTIR). Perangkat-perangkat analisis tersebut cukup efektif dalam mendeteksi kandungan babi dalam suatu bahan. Semua bahan yang mengandung DNA babi hampir dapat dipastikan tidak dapat lolos melalui uji alat tersebut.

Jadi karena kode E471 bisa berasal dari babi maupun kedelai, maka cara untuk mengetahui apakan kandungan makanan itu haram atau halal tetap merujuk pada uji yang dilakukan oleh MUI, kalau sudah mendapatkan sertifikat halal, ya bisa dipastikan bahwa pengemulsi (emulsifier) tersebut berasal dari kedelai bukan dari lemak babi.

SUMBER : http://grevada.com/benarkah-luwak-white-koffie-haram/

CUPLIKAN :

Emulsifiers and Stabilizers – salts or Esters of Fatty Acids. If the fat source is from soy fat then it is Halal. If it is from pork fat then it is Haram. If it is from non zabiha beef then it is not Halal. If a claim appeared on food package “Suitable for Vegetarian” containing E-Number 471 then it means the E Number 471 is from soy fat. The food product is Halal if all other ingredients are Halal

TERJEMAH :

Emulsifier dan stabilizer – garam atau Ester dari Asam Lemak. Jika sumber lemak dari lemak kedelai maka Halal. Jika itu dari lemak babi maka Haram. Jika dari daging sapi non Zabiha maka tidak halal. Jika klaim muncul pada paket makanan “Cocok untuk Vegetarian” yang mengandung E-Nomor 471 maka itu berarti E Nomor 471 adalah dari lemak kedelai. Produk makanan halal jika semua bahan-bahan lain yang Halal

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 April 2013 in STUDI HALAL HARAM

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
MISTERI AL-HADITS DAN AL-QUR'AN

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

PTC KLIK AJA DEH DOT COM

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

kesbitera

A fine WordPress.com site

Lukis Blog

to write my story

mahatmaazmi's Blog

laporan 1 dan 2

KecretRaKatokan & Motor Roda-Tiga

Tentang Opini dan Imajinasi dari Biker Penyandang Cacat yang ingin cerita tentang Motor dan nglayap dengan motor aneh beroda-tiga....

Irsan Syarifuddin's Blog

dunia farmasi, jalan-jalan & kerja

Blog Saya

A topnotch WordPress.com site

Jendela Pendidikan

mendidik dengan kasih sayang

Beradadisini

Be. Here. Now.

Blog Urip Guru Kimia

Berbagi informasi tentang pengajaran kimia, pendidikan, opini, dan TIK

Status Kang Yudhie

Bukan Status Biasa ßƦOº°˚˚°º☺ºº°˚˚°◦.¸¸.

Mufdil's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Ilham saputra

محاولة الكتابة و التبادل Trying to write and share

tokoempatsaudara

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

seven word rainbow

Ketika Sebuat Coding Menjadi Harapan Untuk Hidup

Agasi GP Blog

Blog Pribadi

KPLI Nusa Tenggara Barat

Blog Kelompok Pengguna Linux Indonesia Wilayah NTB

bangSAT was here...!

[satrio dan dunianya]

Tiyo imagoDEI

Photo Design Print

.:Kartikoedhi's Blog:.

Berbagi Pengalaman dan Pelajaran

Toko PALUGADA

Apa lu Mau, Gua ada!

My World

Pernak-pernik Kehidupan

Novi Gustavia Farmana

Man Jadda Wa Jada

Ohblog!

Ohna2s ngeblog di Wordpress

My Blog | My Experience

My Blog Is My Experience | My Experience Is The Best Teacher

jodiyana

blog official jodi yana

Sekedar Tulisan

Semoga Bermanfaat!

LPI Mambaul Ulum Sumber Lompang

Menjaga Tradisi Lama yang Baik, Mengadopsi Tradisi Modern yang Lebih Baik

Pandalon

Learning by doing

Keep it simple

Try and Error

s4blonk4os

Jasa Pembuatan Sablon Kaos & Website

Legal Banking

Learning about Indonesian Legal Banking

studi komparatif, komperhenship, kreatif, outodidak

pelajari, catat dan laksanakan yang benar

inijalanku.wordpress.com

Baik Kawan Menunjuk Jalan

Kumpartas

- KUMPulan ARTikel copAS -

SANDALNYA si SANGKURIANG

Sandal Murah Kualitas TOP

amoyraven

La Tahzan Innallaha Ma'ana

dinicreation

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

realizimamsyafii029

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

ukmifabiopeduli

We Cares With Academic The United Of Islamic Student Actifity The Center Of DATA UKHUWAH : Dakwah, Tarbiyah, Ukhuwah dan Ibadah.

Muhammad Tanthowi

ilmu tidak akan berkurang saat kita sampaikan

Rois

Menapaki hidup yang dinamis dengan langkah optimis

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Qcuters's Blog

Just another WordPress.com weblog

catatanimansupriyono

Just another WordPress.com site